Setiap Lembaran Kisah adalah Rasa.. ^_^

Disini saya akan bercerita tentang suatu kesenangan yang condong, itu tentang suatu geliat keistimewaan yang mulai  nampak  di depan mata, mungkin geliat ini sudah lama berjalan tapi jujur sekaranglah saya baru melihatnya tampak jelas.

Sebelumnya kita mesti tahu dulu, apa itu dakwah muslimah?

Ternyata muslim maupun muslimah itu memiliki porsi yang sama untuk ber ’ amar makruf nahi mungkar’.  Coba baca :

“Dan orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, sebagian mereka adalah menjadi penolong bagi sebagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar,……” (Q.S. At- Taubah :71)

Ayat diatas dengan jelas menggambarkan peran seimbang antara laki-laki dan perempuan dalam penunaian amar makruf nahi mungkar, saling menguatkan diantara mereka dalam kebaikan. So, muslimah berdakwah juga toh.

Begitu banyak penghargaan islam kepada perempuan, cobalah cari berbagai referensi dimana keadaan kaum perempuan sebelum datangnya masa islam? Saya bisa menyebutnya menyedihkan.

Selanjutnya, yaitu peran muslimah pada zaman keemasan islam, bisa kita ambil beberapa contoh dan teladan. Ternyata para sahabiyah rasulullah saw memiliki peran sangat besar dalam berbagai aktivitas publik, termasuk dinamika dakwah dan jihad seperti Asma binti Umais, Aisyah binti abu Bakar,Ummu sinan dsb. Lebih lengkapnya peran –peran ini dapat dibaca pada bukunya pak Cahyadi Takariawan “menyongsong mihwar daulah pada Bab 4”

Lalu bagaimana peran muslimah dalam gerakan dakwah modern?

Saya rasa perempuan tidak terlalu berambisi untuk mengambil kekuasaan maupun kepemimpinan yang di elu-elukan karena muslimah faham bahwa “kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum permpuan …(Q.S An-Nisa :34). Hanya saja perempuan butuh pengakuan dan penghargaaan bahwa perempuan punya peran besar dan turut andil dalam kebijakan. Saya sangat senang sekali jika pada struktur organisasi maupun buku-buku pergerakan divisi perempuan itu tidak dilupakan.

Contoh gerakan dakwah muslimah modern diantaranya adalah gerakan Al- Ikhwan di Mesir, struktur organisasi gerakannya memiliki divisi akhwat muslimah yang menampung dan mewadahi kreativitas mereka. Ketika Hasan Hudaibi terpilih menjadi mursyid ‘Am, para akhwat muslimah menemui Sayidah Na’imah ummu usamah untuk meminta kesediannya memimpin divisi akhwat. Ummu usamah memiliki kerjasama yang baik, maka sambutan wanita mesir terutama dari kalangan wanita terpelajar, dosen, guru, mahasiswi atau wanita yang mempunyai kedudukan strategis di berbagai instansi dan semakin meningkat. Contoh yang cukup baik.

Kalo sekarang saya melihat geliat itu makin terlihat, terutama di Indonesia begitu banyak gerakan-gerakan dakwah muslimah dan semua telah berani tampil, Alhamdulillah tentunya semua menginginkan kebaikan, sejengkal demi sejengkal sehasta demi sehasta.

Begitu banyak sarana untuk muslimah dalam berdakwah, mungkin dapat saya sebut  yaitu lahirnya komunitas hijabers, mendakwahkan cara berpakaian muslimah yang seperti apa, saya yakin itu sebuah gerakan yang baik, tapi harus tetap dijaga dan dibekali ilmu agama yang baik berharap bukan hanya menjadi trend saja. Mengajak para remaja untuk tidak ragu mengenakan hijab dan percaya diri, tentunya dengan kaidah keislaman yang benar.

Ada lagi seorang aktris muslimah, mendakwahkan tentang eksistensi muslimah di dunia peran dan akhir-akhir ini ia menulis beberapa buku, mengambarkan sosok muslimah yang cantik dan berusaha untuk bermartabat, melalui kisah perjalanan hidupnya mengajak untuk hidup dalam nilai-nilai islami. Kemudian ada lagi beberapa sosok muslimah yang getol dalam menulis buku dan buku-bukunyaselalu  menjadi “best seller”, mulai dari buku hingga berbisnis. Wow :)

Geliat dakwah muslimah juga terlihat dari saudari kami di HT, keren sekali ‘Jalan baru intelektual muslimah’ dengan visi pembebas generasi. Walaupun saya belum sempat hadir tapi saya kagum dengan geliat hebat ini, beberapa kali melihat gerakan ini kadang cukup iri. Senang bisa bersua dan bersapa tapi sayang belum berkesempatan berdiskusi bersama, bagaimana pun saya mendukung misi dakwah muslimah dimanapun itu tanpa mengenyampingkan sisi akhlak tentunya. Saya meyakini kita sama, memiliki visi yang sama tetapi hanya sarana (wasilah) kita yang berbeda. Ibarat mobil kita hanya berbeda merk, memilih kendaraan sesuai kenyamanan dan ketenangan diri pribadi, lalu kapasitas dan kecepatan kita juga mungkin berbeda tapi tujuan kita tetap sama, sampai bertemu di tujuan itu. Muslimah mewarnai dunia. ^_^

Belum lagi geliat dakwah muslimah di kalangan ibu-ibu (umahat), bidang perempuannya dengan kegiatan sosial dan amal. Baru-baru ini menyaksikan pos ekonomi keluarga, lagi-lagi targetannya adalah wanita yang terberdaya dalam keluarga, wanita menyadari pentingnya peran sebagai seorang bendahara dalam rumah tangganya.

Dan yang terakhir versi saya yaitu jaringan muslimah  (Jarmus) FSLDK yang tersebar di seluruh pulau Indonesia, diberi satu komisi khusus yaitu komisi C (kemuslimahan), senang bisa menyaksikan  mereka kaum-kaum muslimah yang berada di bangku kuliah yang sedang belajar dan menyadari betapa pentingnya mengajak dan mencerdaskan pemudi di Indonesia. Dengan beragam jargon #AyoTutupAurat #JauhiNarkoba #JauhiZina dll. Dan mereka berusaha menjadi kupu-kupu indah setelah keluar dari kampus. Calon pembentuk generasi, Bukankah generasi yang baik keluar dari ibu yang terdidik dan berakhlak?  Semangat untuk para adik-adik muslimah seluruh Indonesia membuat warna itu.  Jika kamu mendidik satu perempuan maka kamu mendidik satu generasi ( Moh.Hatta)

Hamasah !

Bermekaranlah kalian wahai bunga

Bersiaplah menjadi satu dari ribuan bunga ranum itu

Menjadi bagian dari perbaikan generasi  idaman

 

Hadanallah

.Alfath.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: