“Bunga seroja oo oo oo,. Mengapa adik termenung adik berhati bingung”  .. eh bingung, aku beneran bingung, tumben ya di bis layo ada lagu ini.. hi

Begitulah lirik lagu di bis sepulang dari kampus tadi sore, pernah dengar kan lagu melayu satu itu ? kata saudariku tadi, ia senang denger lagu melayu,syahdu katanya.

Malam ini, matakku sedikit ngantuk tapi harus sedikit membaca susunan draft laporan BP Jarmus, komisi C mau laporan, apa yang harus aku laporan L hiks. Berusaha untuk mengerti walau ini cukup berat. Kinerja kemuslimahan nasional, evaluasi kemuslimahan sumbagsel.  #waah beraatt. Oke nanti deh, sisihkan wktu coret2 dulu ni blog.. nanti di Print aja draftnya,.

Ok, kembali ke seroja tadi, otakku malah berpikir : emang ada ya bunga seroja itu?. Aku bertanya : Bapak, ‘bunga seroja itu cakmano?’ eh, bapak jawab : ‘dak tau, tiduklah lah malem, besok nak pegi pagi’… yaah gagal bertanya  #aku.salah.bertanya.

Baiklah, ternyata aku searching dan mendapat lagu lirik seroja tersebut : mari simak!!

Bunga seroja

mari menyusun seroja bunga seroja
riasan sanggul remaja putri remaja

rupa yang elok dimanja jangan dimanja
pujalah ia oh saja sekedar saja

mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung 2x
janganlah engkau percaya dengan asmara 2x
sekarang bukan bermenung jangan bermenung 2x
mari bersama oh adik memetik bunga 2x

nah loh, tambah tidak mengerti maksud lirik lagu ini, kurasa sebuah nasihat untuk wanita,  #menerka-nerka. Hhi.. semoga benar. Yip.

Kurasa maknanya :

1. Jangan terlalu memuja kecantikan, rupa itu semu, pujalah sekedarnya saja. Intinya nggak usah tabaruj (berhias berlebihan) atau malah pakek operasi segala,. iihhh seyemmm, apalagi muslimah, udah deh. Yang Allah lihat itu takwanya neng .

2. Jangan percaya dengan asmara2, yang bisa bikin marah-marah..hhe. bisa kena penyakit termenung dan bingung, kalo bahasanye sekarang “Galau”,. Udah deh, stop kata2 galau lebih baik ganti dengan kata ‘kilau’ maksudnya kilaukan dirimu dengan potensi amanah dan tanggung jawab  #hho.maksa

3. mari bersama memetik bunga maksudnya daripada termenung( baca:bengong)  mari memetik kebaikan bersama-sama, bersama  jama’ah, bersama tarbiyah (ops,.sponsor).

(Ok, itulah hasil analisis ke-sotoy-anku tentang lirik seroja ini) , silahkan boleh percaya boleh tidak!  Jangan sampe musyrik aja sangkin percayanya  #halah bicara apa

Balik ke seroja tadi, eh ternyata hasil searching didapat bahwa seroja itu bunga TERATAI,. hmmm.

Berikut penjelasannya :

Seroja atau lotus (Nelumbo nucifera Gaertn.) adalah spesies tumbuhan air tahunandari genus Nelumbo yang berasal dari India. Di Indonesia tanaman ini sering kali disebut teratai (Nymphaea) walaupun sebenarnya keduanya tidak berkerabat. Seroja memiliki tangkai bunga tegak dan bunganya tidak mengapung di permukaan air, sebagaimana pada teratai. Seroja pernah dikenal dengan nama binomial Nelumbium speciosum(Willd.) atau Nymphaea nelumbo.

Tangkai berbentuk tabung yang kosong di tengahnya untuk jalan lewat udara. Daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rimpang yang berada di dalam lumpur pada dasar kolamsungai, atau rawa. Tinggi tanaman sekitar satu meter hingga satu setengah meter.

Daun tumbuh ke atas, tinggi di atas permukaan air. Daun berbentuk bundaran penuh tanpa potongan, bergelombang di bagian tepi, dengan urat daun berkumpul ke tengah daun. Diameter daun dapat mencapai 60 cm. Permukaan daun mengandung lapisan lilinsehingga air yang jatuh ke permukaan daun membentuk butiran air.

Bunga dengan diameter sampai 20 cm. berwarna putih bersih, kuning atau merah jambu, keluar dari tangkai yang kuat menjulang di atas permukaan air. Bunga mekar di bulan Juli hingga Agustus.

 

Wah, setelah liat gambarnya seroja itu cantikkkk , ups. Merkarnya bulan juli-agustus. Pas banget ya bulan ini . Tapi bisa liat dimana ni,. #penasaran

 

Baiklah, karena besok mau berangkat. Maka harus istirahat dulu,. #bapak udah ngomel2. Hhi
bismillah, semoga perjalanan besok lancer, dan dapat menginjakkan kaki di Kampus terkenal ITB,sholat di masjid SALMAN, bertemu saudara/I muslim (ikhwahfillah). Dan semoga mendapat ghiroh (semangat)  Ramadhan tahun ini,.

ba’da dari sana insyAllah akan berbagi pengalamannya karena  #setiap lembaran kisah adalah rasa.

salam

Ayu.alfath

13jul’12