Kali ini aku ingin bercerita tentang mar’atus shaliha,sebuah bagian dari trip to jogja waktu itur

Nama ini baru pertama kali aku dengar,ternyata ketika sampai di Jogja pukul 02.00 kami para akhwat (baca:cewek muslimah) diungsikan ke tempat ini,namanya ‘mar’atus shaliha’.

Tengah malam kami disambut dengan baik disana,uluran tangan mereka menyapa kami yang lumayan cukup lelah dengan 2 hari perjalanan.ternyata katanya tempat ini adalah pesantrennya mahasiswi Universitas Gadja Mada (UGM).

Selama ini aku cuma tau kostan puteri atau asrama mahasiswi,.eh ini malah disebut pesantren.kenapa ya… penasaran!!!

Ok,selama disini aku cukup jadi pengamat,.

Setiba sampai,kami berberes2 tas dan sebagainya,sementara ada juga temen2 yang mabuk perjalanan..

Alhamdulillah yang dari  NADWAH Unsri  pada baik2 saja,..^_^

Disana tempatnya cukup luas,dengan banyak kamar,satu kamar berisi dua ranjang bertingkat.ya,jadi isi satu kamar itu berisi 4 mahasiswi.tapi hari pertama disana kami tidak tidur di kamar tapi di ruangan cukup luas yg dialasi matras kasur,lumayanlah tuk sebentar melepas penat.

Ketika pukul 04.00 menjelang subuh dan beberapa dari kami sudah mandi walaupun agak mengantri ke kamar mandi..  satu hal yg patut dicontoh,kamar mandinya bersih + di belakang pintunya berisi peraturan2 yg mesti dipatuhi para ukhty2 disana…keren

Sebagian dari kami sholat berjama’ah di ruangan depan,lantunan ayat Al Quran sahut -sahutan ba’da sholat subuh disana,..subhanallah.

Lalu,Bercengkrama dengan perwakilan mahasiswi se-Indonesia,senang mendengar berbagai macam dialek,Bhineka tunggal ika.hhi

Tak lama kemudian,air  teh  hangat disuguhkan ke kami semua,mereka sangat memuliakan tamu

Tiba-tiba,terdengar suara ikhwan cukup jelas..kami kaget : loh kok ada ikhwan (baca:cowok muslim) disini,.

Awalnya kukira itu cuma suara radio atau rekaman ustad yg lagi tausiah tapi ternyata itu beneran suara ustad (guru) yang khusus mengisi pengajian tiap pagi di tempat itu,.

Belum percaya,ku coba melihat sendiri.ternyata benar.para penghuni asrama,ups pesantren maksudnya sedang duduk rapi di tempatnya masing2 sambil mendengarkan tausiah atau materi yang disampaikan ustadnya di depan.

sekali lagi,subhanallah…

inikah maksudnya pesantren?  Selain belajar ilmu duniawi di UGM mereka dibekali ilmu Akhirat disini.superr

Selanjutnya 3 hari kami menginap di tempat lain dalam rangka rangkaian Sarasehan….

Di malam  terakhir sebelum pulang ke palembang  ternyata kami menginap lagi di marhatus sholiha,ya tempat inilah yang save untuk menampung kami lagi.tapi kali ini hanya dari puskomda sumsel yang menginap disini,so,tidak terlalu ramai seperti hari pertama waktu itu..

Tak berbeda,sambutan mereka sangat hangat kepada kami,dihormati sekali sebagai tamu..

Umi pengasuh tempat ini pun sangat welcome kepada kami,kami disuruh menempati kamar mahasiswinya.. sebenarnya ada rasa tak enak dalam hati untuk menempati kamar mereka karena mereka akan tidur dimana,tapi mereka sendiri mengizinkan dan tidak apa2 kata mereka.

Sungguh mereka sangat memuliakan tamu,banyak hal mereka membantu kami..orangnya pada lembut-lembut dan baik2,terutama sholehah….begini rasanya mengenal mereka yang mayoritas dari jawa.

*Memuliakan tamu

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia berbicara yang baik atau diam. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia memuliakan tamunya.
HR Muslim

Satu malam disini banyak hal yang aku pelajari disini.

Selepas isya’ berjama’ah kami sibuk dengan aktivitas pribadi masing2,.

Ketika aku keluar kamar,kulihat seorang ukhty duduk di meja belajarnya,mulai ku membuka obrolan dengannya :

Aku : belajar ya mbak,.

Ukhti : iya,besok mau ujian tengah semester/UAS.. (sambil tersenyum)

Aku : kuliahnya di UGM ? kok bukunya ada tulisan arab

Ukhti :  iya,ada mata kuliahnya tentang ini

Aku : maaf ya udah ganggu,kamarnya sdh di pakek.

Ukhti: gak apa2

(sambil obrolan perkenalan)

Terakhir,.

Aku : sukses ya tuk ujiannnya besok

Dalam hatiku bicara bener-bener hebat ia menghapal itu dengan buku cukup tebal.

Lalu aku masuk ke kamar tuk beristirahat bersama teman2 yang lain,terlihat banyak tulisan di dinding kamar mereka,kesemuanya adalah kata-kata motivasi,pemberi semangat mereka.salah satu yang terbaca olehku ; giat belajar karena jerman menantimu 2012… dan banyak lagi ungkapan2 dalam bahasa inggris tertempel disana,membuat ku iri dengan semangat mereka.

Menjelang subuh datang,kami terbangun.waktu keluar kamar kulihat ukhti yg semalam itu tertidur di depan meja belajarnya,. Subhanallah,menghapal sampai ketiduran…huft merasa tidak enak hati

Malu diri ini,dengan semangat mereka..disisi lain sepanjang malam ada saja terdengar yang sedang mengaji atau membaca Al-Qur’an..

Kuambil air wudhu,siap2 tahajud sebelum masuk waktu subuh.

Di ruangan tengah dibentangkan oleh mereka sajadah,.. sungguh disini bergetar hatiku.

Betapa malu diri ini menghadap Rabb,. bertanya dimana aku sedang  berada sekarang,.apakah ini tempatnya para bidadari dunia,sungguh jauh kualitas diri ini dibanding mereka.

Kerdil,merasa cukup dengan apa adanya tapi disini berbeda,mereka istimewa,jujur  aku cemburuuuu,.

Bukankah kami ini di dunia sedang berlomba-lomba mendapatkan perhatian Allah,amalan terbaiklah yang akan Allah cintai.malu=kata itulah yang mengambarkan diri ini  jika melihat para bidadari disini.

Allah swt akan lebih cinta kepada mereka yang sangat terjaga dengan baik,selalu menambah kualitas ilmu mereka,bersungguh2 seperti mereka… jujur aku katakan:  akuu cemburuu

Se-syahdu subuh,. Terima kasih untuk seluruh saudariku yang pernah kutemui…

_ beruntung lelaki yang akan menjadi jodoh kalian.

 

Semoga kalian menjadi cambuk buat diri yang lemah ini,.

Semoga dapat bertemu lain waktu,.

Sungguh bumi Allah itu luas, dan terdapat  wanita2 yang menginspirasi…

Izinkan aku bertemu wanita2 hebat yang lain….

 

Ups,Ada satu wacana yg muncul di otakku,mungkinkah akan ada juga pesantren mahasiswi di Unsri… semoga

Jaringan Muslimah mewarnai dunia,.

 

Memories @Jogjakarta 2011

Ayoe Pencemburu